Google Docs VS MS Office

bagikan ..Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on Tumblr
GooGle
GooGle

Yooo .. Pentolan Google beberapa waktu yang lalu sesumbar bahwa Google Docs akan mengalahkan MS office dalam satu tahun.

Saat ini ms office emang rajanya aplikasi untuk pengolahan data perkantoran, dari anak kuliah sampe kantor swasta dan pemerintahan, dari yang bajakan sampe yang asli (tapi windowz nya tetep bajakan). Kalo nanti Docs keluar dan online dan ternyata bagus, kayaknya bakalan yang banyak juga yang pindah, seiring semakin banyaknya orang yang terkoneksi dengan internet.

Bayangkan sebuah solusi lengkap, dari bangun pagi, buka komputer, cek email gmail, download tugas dari teman dengan format google docs, ketik ulang pake google docs, cari tambahan data di mesin pencari google, copy paste, siap di print, kabari teman2 pake google wave, mandi, jangan lupa gosok gigi, cek barang dagangan di google base, liat pembayaran hasil jualan di google checkout, sambil cek apa ada pemasukan dari adsense, tidak lupa cek dulu feed temen di feedburner, terus nge-blog 2 artikel (copy paste lagi) di blogspot, browsingnya pake chrome, jalan jalan, foto2an, terus diupload ke picasa, kalo kesasar cek di maps, atau mengijinkan teman kita tahu kita dimana dari latitude, telpon temen pake talk, abis itu capek, upload video dulu ke youtube, terus buka orkut, berjejaring sosial, iseng iseng cari buku di google books, kalo bingung bahasanya tinggal pake google translate aja ..

dah, selesai .. semua udah lengkap ..

apa yang di siapkan oleh google ini disebut sebagai “Cloud Computing”, dimana kita tidak perlu tahu, tidak perlu mengurusi dan tidak perlu menyediakan peralatan atau sumber daya (baik hardware maupun software) untuk dapat menggunakan berbagai macam (hampir semua macam) fitur yang kita butuhkan di dunia digital ini. Mulai dari email, software perkantoran, jualan, pembayaran, iklan, telepon, video, foto, dll sudah disediakan dan tinggal digunakan. Cloud computing ini bagaikan sebuah sistem operasi, dimana kita hanya perlu memiliki sebuah browser + saluran internet, dan lengkap sudah semua kebutuhan kita.

yang mengerikan dari Cloud Computing ini (kalo kebaikannya banyak) adalah semua data kita, bisa dibilang seluruh kehidupan kita, dari percakapan kita, tulisan kita, teman kita, barang jualan kita, uang kita, ada di tangan penyedia Cloud Computing. Apa yang kita miliki saat ini secara digital direkam seluruhnya oleh “sesuatu”, dan dimiliki oleh “sesuatu”, yang mungkin suatu saat tidak bisa kita minta balik.

Ingat, “sesuatu” mengawasi kita 🙂