Feedback: pentingnya umpan balik atau loloh balik

bagikan ..Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on Tumblr
Check My Feedback
.. and yes please dont forget to testimoni me 🙂

Ilustrasi:
Seorang penjual ganja berusaha meyakinkan pembelinya, bahwa barang yang dijual paten, dengan menyuruh pembeli untuk mengecek feedback / review tentang dia di Yelp.

Saat ini situs seperti Yelp, yang berisi ulasan (review) dan rekomendasi (recomendation), menjadi suatu hal penting yang perlu diperhatikan bagi kalangan bisnis untuk menjaring tingkat kepercayaan dan tentu saja menjaring pengguna / konsumen. Berjualan di internet (jualan online) merupakan hal yang masih dianggap riskan atau rawan oleh banyak orang, mulai dari faktor ketidakyakinan kepada penjual hingga ketidak mengertian teknologi (pembayaran misalnya), sehingga perlu adanya penguatan oleh pebisnis pada hal ini, selain juga konsentrasi kepada kualitas, trafik pengunjung dan hal lainnya.

Kenapa feedback menjadi penting? untuk perusahaan atau penjual online yang baru, tingkat kepercayaan seseorang adalah 0 (nol) kepada anda, sehingga anda membutuhkan umpan balik / testimonial / ulasan tentang toko anda atau bahkan tiap tiap produk anda. Untuk perusahaan besar atau yang sudah terkenal, umpan balik baik digunakan untuk menilai kinerja mereka, evaluasi, melihat tingkat kepuasan pelanggan serta peningkatan pelayanan.

Bagaimana cara membuat umpan balik (feedback) / testimonial / ulasan?

1. Umpan balik (feedback): anda bisa menggunakan form saran dan kritik, atau juga bisa menggunakan fitur “rating” untuk tiap produk. Alangkah baiknya jika toko anda juga memiliki semacam FAN PAGE di satu atau lebih jejaring sosial, semisal Facebook. Dengan cara ini, anda membangun kepercayaan kepada calon pembeli, karena mereka melihat sudah banyak pembeli yang percaya kepada anda.

2. Testimonial: testimonial hampir sama dengan umpan balik, bahkan fitur komentar di tiap produk anda juga sudah merupakan testimonial bagi anda. Sebaiknya buat menu khusus untuk menampilkan testimonial dari klien anda. Anda juga bisa memasang fitur “rekomendasi-kan-ke-teman-anda” pada setiap produk, sehingga pembeli yang puas dapat mengirim rekomendasi produk anda ke teman temannya.

3. Ulasan: anda bisa meminta pembeli anda untuk memberikan ulasan tentang produk yang dia beli dari anda, mungkin dengan imbalan diskon 🙂 beberapa toko membuat sendiri ulasan tentang produknya, yang membantu calon pembeli untuk memahami produk yang akan dibeli.