Pesan Paus BENEDICT XVI dalam WORLD COMMUNICATIONS DAY ke 44

bagikan ..Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on Tumblr

24 Januari 2010 Vatican mengeluarkan pesan kepada dunia, terutama kepada para pastor / pendeta dan juga kepala gereja untuk mulai aktif menggunakan peralatan digital untuk berkomunikasi dengan jemaatnya, terutama kalangan anak muda. Pesan ini disampaikan untuk WORLD COMMUNICATIONS DAY ke 44.

Dalam pesan tersebut, Paus mengajak para pendeta untuk “employing the latest generation of audiovisual resources” seperti gambar, video, animasi, blog dan juga website. Dengan penggunaan peralatan digital ini, pendeta dan juga gereja bisa mengenalkan gereja, kegiatannya, dan mengekspresikan pesan mereka tidak hanya terbatas pada teori semata, tetapi juga “as something concrete, present and engaging”, sesuatu yang nyata dan kekinian.

Pesan ini mungkin membuat banyak proposal pembuatan website masuk ke gereja, salah satunya mungkin dari tempatku 🙂 tetapi saya masih harus mempelajari sejauh mana penerapan teknologi ini bagi gereja, sehubungan dengan konsep agama itu sendiri, pengajaran / penginjilan, hingga pelayanan. Semoga juga pesan Paus ini kemudian tidak membuat gereja terjebak dalam pemanfaatan teknologi yang “kristenisasi” atau “katolikisasi”, atau bahkan membuat medan pertempuran SARA baru.

Amin.