Seni Sandal Swallow

bagikan ..Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on Tumblr

Masi ingat sandal swallow?
Kurasa setiap orang indonesia pernah punya sepasang ya, baik membeli maupun membawa dari rumah atau kos teman. Sendal ini didominasi warna hijau, entah kenapa sering banget bikin cerita lucu seperti tertukar, selen (beda warna antara kiri dan kanan), tertukar ukuran (kanan dan kiri beda ukuran) dan banyak lagi kejadian lucu.

Sandal ini juga banyak bajakannya, entah itu SunSwallow atau Shallow dan macam macam plesetan lainnya. Dari wikipedia disebutkan bahwa Swallow adalah nama sebuah merek sandal jepit kala itu, dan ada perusahaan dari Brasil yang memulai produksi sandal ini pada tahun 1962. Saya belum mendapatkan data tentang sandal jepit swallow ini pertama kali di Indonesia.

Sandal Swallow The Beatles

Cerita paling banyak tentang sandal ini adalah seringnya orang menukar sandalnya, atau memang tertukar  (karena dominasi warna hijau), belum lagi untuk ukuran biasanya tidak terlalu beda. Hal yang sering terjadi adalah seperti di tempat umum, masjid, atau juga di kos atau kontrakan. Tukar menukar sandal, atau ketika terburu buru menggunakan sandal dan kemudian baru tersadar jika sandal yang digunakan berbeda warna.

Kejadian ini kemudian membuat banyak orang untuk memberi tanda di sandalnya (yang sebenarnya bukan cara yang ampuh, toh malah memberikan peluang untuk digunakan, karena “oh punya si A, pake aja, gak pa pa”), yang karena kemudian tidak ampuh, malah bergeser menjadi gaya gaya an, seperti beberapa gambar disini.

http://muhamaze.files.wordpress.com/2009/01/sandale-dharma2.jpg
Identitas di Sandal Jepit
http://th02.deviantart.net/fs47/300W/i/2009/191/6/1/Sendal_jepit_sendal_swallow_by_paldipaldi.jpg
Nama di Sandal Jepit

Anda bisa lihat ukiran gambar pada sandal yang kemudian menjadi semacam kanvas bagi beberapa orang, untuk mengekspresikan karya mereka.

Sandal Swallow Spiderman Wolverine
Sandal Swallow Modifikasi Seseorang

Anda punya sandal swallow?

– Gambar: beberapa dari internet (liat url source)
– Ide: dapat dari kaskus