Wi-Fi Direct: Berbagai macam kemungkinan implementasi-nya

bagikan ..Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on Tumblr

“Wi-Fi Direct represents a leap forward for our industry.  Wi-Fi users worldwide will benefit from a single-technology solution to transfer content and share applications quickly and easily among devices, even when a Wi-Fi access point isn’t available,”

Wi-Fi Direct
Wi-Fi Direct

Wi-Fi Direct secara sederhana adalah teknologi yang memungkinkan tiap peralatan bisa saling mengakses satu dengan yang lainnya secara langsung, persis seperti Bluetooth.

Teknologi baru ini dengan kelebihannya memiliki banyak peluang untuk menggantikan teknologi yang sudah saat ini. Teknologi yang paling mungkin merasa tersaingi adalah Bluetooth, dimana saat ini teknologi Bluetooth memonopoli koneksi mobile gadget seperti headphones, mouse, keyboard, computer / lcd remote control, earpiece dan lainnya. Wi-Fi Direct yang mempunyai fungsi sama ditambah berbagai kelebihan akan segera menggusur monopoli Bluetooth, seperti yang diberitakan bahwa Cisco, Intel dan bahkan Apple bersiap mempersenjatai peralatan mereka dengan Wi-Fi Direct.

Seperti apa kemungkinan implementasi Wi-Fi Direct sehingga menakutkan Bluetooth? Mari kita lihat apa saja yang mungkin untuk diterapkan dengan teknologi ini.

  1. Transfer data

    1. Handphone

Seperti yang kita biasa lakukan, dengan Bluetooth handphone kita bisa berbagi data dengan handphone lain, seperti berbagi file, gambar, musik, bahkan kita bisa bermain game network bersama. Wi-Fi Direct juga memungkinkan ini semua, ditambah beberapa kelebihan yang utama, seperti adanya enkripsi (yang tidak terdapat pada Bluetooth) dan kecepatan transaksi data. Dengan kelebihan ini, beberapa handphone bahkan akan bisa langsung berhubungan, tidak harus dengan model 1 dengan 1, tetapi bisa dengan model grup. Kemudahan ini akan dapat dirasakan oleh pengembang game di handphone, yang memungkinkan beberapa pemain (dari beberapa handphone) untuk bermain bersama dalam satu game dengan yang lainnya. Selain itu jangkauannya juga lebih luas.

Untuk data seperti file, gambar, musik dan lainnya, teknologi baru ini tetap hampir sama dengan Bluetooth, kecuali di jarak jangkauannya, kecepatan transfer data, dan kelebihan utama adalah komunikasi tiap handphone bisa dilakukan secara grup, sehingga semua handphone bisa saling berbagi data secara simultan dengan satu atau banyak komputer.

    1. Kamera

Anda memiliki kamera? Saat ini sudah beredar banyak kamera dengan teknologi Bluetooth yang memungkinkan kita untuk segera mentransfer data dari kamera kita langsung ke komputer atau media penyimpanan yang ada melalui Bluetooth.

Banyak juga yang masih menggunakan kamera dengan media penyimpanan yang manual, menggunakan kartu memori, yang tertanam di kamera untuk penyimpanan data. Setelah digunakan, kartu memori dapat dilepaskan dan kemudian ditransfer secara manual dengan menghubungkan kartu memori ini ke komputer, kemudian data yang ada dapat segera di transfer ke komputer.

Dengan teknologi Wi-Fi Direct ini, kamera sudah dapat berkomunikasi langsung dengan komputer yang juga ber-Wi-Fi, sehingga transfer data dapat langsung dilaksanakan. Teknologi ini juga memungkinkan kecepatan transfer yang lebih cepat daripada penggunaan manual maupun Bluetooth.

Tetapi untuk penggunaan Wi-Fi antar kamera, saat ini kami belum melihat sisi positif dari penggabungan koneksi antar 2 kamera atau lebih. Mungkin suatu saat bisa ditemukan kegunaannya.

    1. Handicam / Camcoder

Peralatan rekam bergerak seperti handicam / camcoder ini bakalan mendapatkan keuntungan besar dari teknologi Wi-Fi Direct ini. Bayangkan bahwa kebutuhan merekam merupakan pekerjaan dengan waktu dan kebutuhan daya simpan file yang besar. Dimana teknologi ini kemudian menyediakan kemungkinan dilakukannya penyimpanan secara real-time, dimana sebuah camcoder / handicam terhubung secara langsung dengan komputer, kemudian selama penggunaan peralatan ini, data secara real-time disimpan di komputer yang mempunyai daya simpan besar.

Keterbatasan media penyimpanan pada Camcoder akan dapat diselesaikan dengan teknologi ini, sehingga memudahkan orang untuk bekerja. Cara ini bahkan bisa digunakan pada peralatan rekam yang berhubungan dengan keamanan, seperti kamera sekuriti. Untuk hal ini akan dibahas dibawah.

    1. Harddisk External / Network Attached Storage

Seperti beberapa orang miliki, harddisk external merupakan peralatan untuk menyimpan data secara portable, sehingga bisa dibawa kemana-mana, untuk memudahkan pemiliknya menyimpan data dari suatu tempat ke tempat lain. Biasanya peralatan ini dibekali dengan kabel USB untuk koneksi data. Dengan Wi-Fi Direct, peralatan ini kemudian menjadi sangat portable dimana pada setiap kebutuhan untuk menyimpan atau mengirim data, bisa dilakukan secara “online”, dimana harddisk tinggal dihubungkan dengan Wi-Fi. Daya transfer yang cepat, daya jangkau yang cukup jauh memudahkan pengguna jika peralatan komputer yang dituju berada pada posisi yang susah untuk digapai. Teknologi ini juga memungkin banyak peralatan terhubung langsung ke komputer secara bersamaan, sehingga tidak ada keterbatasan pada kabel atau colokan USB.

Network Attached Network (NAS) juga mendapatkan banyak kelebihan dengan teknologi ini, perilaku yang terjadi hampir sama dengan harddisk external, hanya NAS kemudian menjadi pusat data yang mudah untuk diakses oleh banyak peralatan, misal kamera, camcoder atau bahkan komputer atau juga harddisk external, dimana mereka dapat secara bersamaan mengakses NAS, berbagi data dengannya.

    1. Antar komputer / laptop

Setiap komputer saat ini bisa terkoneksi satu dengan yang lain menggunakan banyak cara, seperti dengan kabel ethernet, usb dan lainnya. Tetapi hadirnya Wi-Fi Direct ini memudahkan komputer untuk terhubung secara langsung, tanpa keterbatasan seperti pada Wi-Fi yang lama dengan model Ad-Hoc yang hanya memungkinkan sebuah komputer terhubung dengan satu komputer lain.

Dengan model ini, akan terjadi koneksi secara grup antara satu komputer dengan banyak komputer secara bersamaan, dengan akses yang berbeda beda, tergantung kepada kebutuhan pengguna. Implementasi ini bisa pada permainan secara bersamaan, misal untuk Game Counter Strike, yang memungkinkan setiap komputer bermain game bersama, tanpa memerlukan koneksi internet atau bahkan tanpa memerlukan sebuah router / hub.

Kemudahaan teknologi ini juga meringankan pengguna untuk tidak perlu mengetahui cara cara menginstall komputer dalam sebuah topologi jaringan seperti yang biasa digunakan pada model jaringan bintang yang menggunakan hub / router untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.

  1. Koneksi dengan peralatan lain

    1. Printer

Coba bayangkan sebuah printer tanpa kabel yang terhubung kesebuah komputer. Teknologi baru ini memungkinkan setiap komputer di jarak jangkau untuk mengakses sebuah printer, tanpa perlu mencolokkan kabel (seperti yang bisa kita lakukan dengan menggunakan kabel USB), mencetak langsung dari komputernya, tanpa perlu berpindah tempat.

Teknologi ini bahkan kemudian menghilangkan “printer server”, sebuah komputer yang khusus melayani permintaan cetak dari komputer lain. Setiap komputer akan langsung terhubung dengan printer yang juga memiliki koneksi Wi-Fi Direct, sehingga proses mencetak menjadi gampang.

    1. Scanner

Peralatan ini hampir sama dengan printer, coba bayangkan sebuah scanner tanpa kabel yang terhubung kesebuah komputer. Teknologi baru ini memungkinkan setiap komputer di jarak jangkau untuk mengakses sebuah scanner, tanpa perlu mencolokkan kabel (seperti yang bisa kita lakukan dengan menggunakan kabel USB), mencetak langsung dari komputernya, tanpa perlu berpindah tempat.

Teknologi ini bahkan kemudian menghilangkan “scanner server”, sebuah komputer yang khusus melayani permintaan scan dari komputer lain. Setiap komputer akan langsung terhubung dengan scanner yang juga memiliki koneksi Wi-Fi Direct, sehingga proses scan menjadi gampang. Setiap hasil scan yang ada bisa langsung disimpan di komputer pengguna tanpa perlu disimpan di sebuah komputer tertentu terlebih dahulu, kemudian baru secara manual di “copy” ke komputer tujuan.

    1. Remote Control

Seperti yang biasa kita temui, sebuah remote control (misal untuk LCD) menggunakan infra merah atau Bluetooth. Tetapi dengan teknologi ini, kita bisa langsung mengaksesnya menggunakan Wi-Fi Direct. Kelebihannya tentu pada kemudahaan penggunaan, tidak perlunya kita menginstall driver yang diperlukan pada setiap komputer.

    1. Mouse

Peralatan in hampir sama dengan remote control, dimana biasanya koneksi menggunakan infra merah atau Bluetooth. Tetapi dengan teknologi ini, kita bisa langsung mengaksesnya menggunakan Wi-Fi Direct. Kelebihannya tentu pada kemudahaan penggunaan, tidak perlunya kita menginstall driver yang diperlukan pada setiap komputer.

    1. Keyboard

Peralatan in hampir sama dengan mouse, dimana biasanya koneksi menggunakan infra merah atau Bluetooth. Tetapi dengan teknologi ini, kita bisa langsung mengaksesnya menggunakan Wi-Fi Direct. Kelebihannya tentu pada kemudahaan penggunaan, tidak perlunya kita menginstall driver yang diperlukan pada setiap komputer.

    1. Gamepad / Joystick

Play Game with Wi-Fi Direct
Play Game with Wi-Fi Direct

Pada gamepad atau joystick dan pada setiap game pada komputer, teknologi akan benar benar berguna bagi pemain game. Anda memiliki gamepad? Keterbatasan peralatan ini ada pada kabel, dimana pengguna menjadi harus berhati hati ketika bermain karena adanya kabel yang mengganggu dan pemain menjadi tidak leluasa dengan adanya kabel ini. Colokan kabel juga menjadi kendala, karena adanya keterbatasan jumlah gamepad yang bisa digunakan.

Pada gamepad yang baru saat ini sudah digunakan teknologi Bluetooth, tetapi tetap ada keterbatasan pada jarak dan juga yang paling utama adalah penggunaan secara bersamaan yang terbatas pada 2 orang.

Wi-Fi Direct memungkinkan pengembang game untuk tidak terbatas pada beberapa hal diatas, dimana kabel bisa dihilangkan, kemudian jarak jangkau peralatan dan kecepatan akses bisa ditingkatkan. Yang terutama lagi adalah kemungkinan untuk mengembangkan game dengan banyak orang secara bersamaan dengan banyak gamepad. Sistem ini akan menyenangkan sekali bagi pemain game, karena kemudian mereka bisa bermain dalam grup, dari 1 – 10 orang secara bersamaan.

  1. Kegunaan lain

Banyak kegunaan lain dari pengembangan teknologi Wi-Fi Direct ini, seperti pada penggunaan kamera pengawas yang terhubung langsung ke server, penggunaan pada kamera atau peralatan kedokteran, yang memungkinkan perekaman data secara langsung.

a. Kamera Pengintai

Penggunaan kamera pengawas atau kamera pengintai sudah banyak dikembangkan oleh perusahaan perusahaan dibidang keamanan. Secara teknis biasanya kamera dipasang pada tempat yang perlu pengawasan seperti di tepi jalan, di dalam bank, didalam mesin atm dan lainnya. Saat ini banyak sudah kamera pengawas yang sudah menggunakan bluetooth untuk berkoneksi dengan komputer server atau mesin penerima data, dan masih banyak yang mengandalkan kabel untuk koneksinya.

Teknologi Wi-Fi Direct memberikan solusi untuk ini, yaitu

  • jarak jangkau yang cukup jauh, memungkinkan pemasangan ditempat yang lebih luas

  • koneksi yang cepat, memungkinkan penyajian realtime data disamping penyimpanan data

b. Peralatan Kedokteran

Penggunaan teknologi ini pada peralatan kedokteran sangat berguna terutama untuk peralatan untuk merekam bagian dalam tubuh kita, semisal perekam untuk usus, dimana hasil rekaman bisa langsung dikirim menggunakan sinyal Wi-Fi ke media penyimpanan.

Daftar Pustaka: